Senin, 20 Agustus 2018

Belajar Investasi Saham GRATIS di IDX Solo

Memasuki usia 25 tahun aku jadi mengalami semacam sudden realization dan semacam quarter life crisis bahwa sekarang hidup nggak bisa main-main lagi. Udah bukan jamannya seneng-seneng doang tanpa mempersiapkan kehidupan mendatang. Nggak cuma mental, tapi finansial.



Terlebih lagi setelah sering banget ngikutin social media-nya Jouska yang banyak cerita soal hal tabu yaitu keuangan. Sumpah, jadi merasa cetek banget ilmuku tentang finansial, yang ternyata itu sangat diperlukan terutama untuk berkeluarga nantinya. Maka dari itu, aku jadi rajin banget cari info dan belajar soal finansial dan akhirnya kenalan dengan investasi. Plus, ada mindset baru yang melandaku bahwa sebagai wanita kita perlu paham soal keuangan dan investasi. Karena, menyerahkan urusan finansial kepada suami saja tidaklah fair. Ditambah, wanita sebaiknya tidak tergantung sepenuhnya kepada laki-laki dalam hal finansial baik mendapatkan penghasilan maupun pemahaman dalam mengelola uang. Kalau bisa membantu dapat penghasilan tambahan dan me-manage uang dengan baik, mengapa tidak? #GoGeekGirl!


Untuk sekarang ini, belajar invetasi nggak susah lho ternyata. Selain googling, kita juga bisa belajar investasi (terutama investasi saham) melalui sumbernya langsung yaitu Bursa Efek Indonesia atau sekarang nama kerennya jadi IDX (Indonesian Stock Exchange).

Mahal ngga tuh belajar investasi saham?
Jawabannya, enggak dong! Malah GRATIS! Ini memang program dari IDX untuk mengedukasi masyarakat agar bisa berinvestasi. Nama programnya adalah SEKOLAH PASAR MODAL IDX.

CARA DAFTARNYA?
Karena aku ada di daerah solo, cara daftarnya so pasti dengan melihat jadwal diselenggarakannya Sekolah Pasar Modal IDX lalu isi form yang sudah disediakan. Nantinya pihak IDX akan mengkonfimasi kedatangan kamu.


SYARAT IKUTAN APA AJA?
Tidak ada syarat khusus. Kamu hanya diminta untuk membawa :
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi NPWP (jika ada)
3. Fotokopi bagian depan buku tabungan.
4. Uang Rp 100.000 (cash)

Katanya gratis, kok ada uang Rp 100.000? Tenang, uang ini sebenarnya dipakai untuk membuka REKENING DANA NASABAH (RDN) supaya teman-teman bisa langsung praktek melakukan investasi saham. Nggak ada ruginya kan?

Tapi dari pengalaman kemarin, ternyata ketika mendaftar RDN, diperlukan data-data seperti alamat rumah, nama ibu kandung, emergency contact dan detil bekerjanya di mana. Ya, kayak isi form ketika bikin rekening tabungan baru sih. Jadi sebisa mungkin, teman-teman sudah bawa informasi itu baik di catatan maupun hapalan.

GIMANA CERITANYA IKUTAN SEKOLAH PASAR MODAL IDX SOLO? BAGUS NGGAK?
Oke, aku share opini dan pengalaman ikutan sekolah pasar modal IDX Solo ya.
Lokasinya sendiri mudah dijangkau, ada di pusat kota tepatnya di Gedung Graha Prioritas. Sesampainya di gedung, langsung masuk aja ke kantor IDX dan akan dipandu pegawai IDX untuk naik ke atas. Registrasi ulang dan lakukan pembayaran.

Saat itu, aku ikut kelas bareng adek, yang berniat investasi untuk mengamankan dana pendidikan Deo, keponakanku. Sebaiknya kalau mau ikutan kelas, kalian ngajak temen atau saudara yang kenal deh. Karena nanti bakal dibikin semacam grup untuk belajar bareng dan makin nyaman kan kalau belajarnya bersama orang yang sudah kenal :)

Ada dua sesi pada sekolah pasar modal IDX Solo. Yang pertama pengisinya adalah dari IDX, kalau nggak salah namanya Mas Iwan (lupa cobak siapa nama pematerinya wkwk). Beliau ini menyampaikan materinya enak banget, sangat mudah dipahami dan komunikatif, bahkan untuk orang yang awam tentang finansial seperti aku. Di sesi pertama, kita lebih dikenalkan sama apa itu pasar modal dan kenapa kita harus investasi saham. Materinya gimana? Hmm, langsung ikutan aja deh :D

Lalu break istirahat siang (tenang, ada fasilitas makan siangnya) dan dilanjut sesi kedua. Di sesi kedua, pematerinya bernama Pak Hadi adalah dari pegawai lembaga sekuritas Reliance yang akan membukakan RDN untuk kita. Porsinya lebih banyak ke pendaftaran sekuritasnya sih daripada praktek. Karena kalau mau praktek, berarti nunggu RDN-nya jadi dulu. Dari IDX Solo & perusahaan sekuritasnya nawarin untuk bikin grup biar next bisa janjian untuk bikin kelas lagi ketika RDN-nya jadi.

KESIMPULAN
Ikutan Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh IDX Solo ini nggak ada ruginya. Selain gratis, pematerinya-pun juga sudah berpengalaman dan penyampaiannya komunikatif. Bikin langsung paham sama istilah-istilah susahnya investasi saham.

Plus, dengan ikutan Sekolah Pasar Modal ini aku juga makin optimis bisa mulai investasi. Karena dengan modal Rp 100.000 saja udah bisa beli saham cuy!

Wanita kudu melek investasi dari dini

Tertarik buat belajar investasi Saham? Cuss langsung daftar di Sekolah Pasar Modal-nya IDX Solo aja!


6 komentar:

  1. Betul itu, saatnya serius belajar untuk mempersiapkan masa depan. Saya jadi penasaran pengen belajar investasi saham juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar di IDX aja mas, gratis. Memang program pemerintah untuk memasyarakatkan investasi saham supaya pembeli saham negara kita bukan didominasi orang asing hihi :D

      Hapus
  2. Riskan sama geli-geli gimana gitu kalo nggak profit dan malah loss banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mas.. itulah kenapa mental juga penting. aku lagi baca-baca buku investasi, kebanyakan juga bahas mental dan emosi. :D

      Hapus
  3. Enak y ada kelas gratis buat edukasi saham gini... Aq pengen ikut juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar mbaak :D lumayan lho gratis :D

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter