Kamis, 16 Agustus 2018

#ACNESTORY Minum Susu Bikin Jerawatan? Bisa Jadi!


Aku orang yang DOYAN BANGET minum SUSU. Dari kecil, sampai SMP ketika teman-teman seumuran sudah mulai jarang minum susu, aku doyan banget minum susu 3x sehari karena enak. Apalagi dikasih es dan diminum siang-siang.
Aku juga suka banget olahan susu, macam keju, mayonaise, krimmer. Enak ya?

Tapi mulai usia 24 tahun, ternyata aku tidak lagi bisa minum susu seenaknya karena menemukan bahwa Susu-lah yang menyebabkan jerawatan parah, yang sedang aku alami ini. Dan akhirnya aku harus cut down konsumsi susu dan produk olahannya (atau lebih dikenal dengan DAIRY).

Lho, kok bisa?

Bukannya SUSU itu baik untuk tubuh ya? Bukankah SUSU adalah pelengkap dari 4 sehat 5 sempurna, yang sempurnanya itu SUSU. Bukannya kalau mau sehat, minum SUSU, bahkan kalau mau kuat, badannya kayak roti sobek, atau kalau hamil harus minum SUSU?

Jadi begini, setelah aku dikasih tahu Coach @bayuajiefit tentang Dairy Product dan hubungannya dengan jerawat, aku mulai baca-baca buku dan riset soal ini. Dan ternyata MEMANG ada HUBUNGAN antara mengkonsumsi DAIRY PRODUCT dengan JERAWAT.

So kita mulai bahas satu persatu ya!

KENAPA MINUM SUSU BISA BIKIN JERAWATAN?

SUSU (atau Dairy Product) MENGANDUNG HORMON PERTUMBUHAN IGF-1.
Hormon Pertumbuhan ini disebut dengan IGF-1, yang fungsinya bagus banget buat PERTUMBUHAN bayinya SAPI. IGF-1 membuat bayi sapi tumbuh besar dan kuar secara cepat, karena memang itu yang diberikan dari alam.

Susu Sapi Baik Untuk Anak Sapi

Tapi,

Ketika dikonsumsi oleh orang dewasa (yang sudah tidak tumbuh lagi), IGF-1 ini malah menumbuhkan jerawat. Karena IGF-1 mendorong produksi minyak berlebih yang pada akhirnya membuat jerawat, dan juga membuat jerawat jadi merah dan meradang. Iyuh!

SUSU MENINGKATKAN INSULIN, YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN JERAWAT
Selain mengandung IGF-1, susu juga dapat meningkatkan produksi insulin sehingga membuat liver memproduksi IGF-1 lagi, dan cause more acne. Duh.

Terlebih lagi, kebanyakan susu yang beredar adalah processed milk yang ditambah gula, yang juga bisa meningkatkan gula darah berlebih dan menyebabkan jerawat lagi dan lagi. Hmm... Makin parah jadinya.

CUT OFF DAIRY NOW!!
Awal-awal baca tulisan tentang Susu dan jerawat ini, aku nggak langsung percaya begitu aja. Tapi, namanya ikhtiar, aku coba untuk mengeliminasi susu dalam jangka waktu 2 minggu. Nggak hanya susu, tapi mayo dan keju, aku cut off semuanya.

Setelah dua minggu, aku mencoba lagi minum Latte yang memang mengandung susu.

And guess what, BREAKOUT keesokan harinya.

Oke, no more coba-coba karena sudah terbukti. Semenjak itu aku benar-benar hati-hati kalau minum dan makan. Sangat berusaha menghindari Dairy Product supaya jerawatku nggak parah lagi. Perlahan-lahan mulai keliatan hasilnya, jerawat lumayan berkurang terutama yang meradang.

Jadi buat teman-teman yang merasa jerawatnya nggak habis-habis... Coba deh cek-cek, apakah kalian penggemar susu seperti aku? Bisa jadi jerawat kalian itu tumbuh karena sering konsumsi susu dan produk dairy, lho!

Punya pengalaman yang sama? Yuk bagikan di kolom komentar!

Sumber http://www.clearskinforever.net/milk-acne-does-milk-cause-acne/ 

2 komentar:

  1. Ternyata si culprit bernama IGF-1, info tambahan nih say. Padahal susu enak ya apalagi latte, tp harus membatasi diri. Di situ saya merasa sedih 😹

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbaaa... enak banget, apalagi keju dan olahan2 lainnya... jadi ninggalin yang enak2 dulu demi kulit bersih bebas jerawat hihihi...

      makasih udah mampir :)

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter