Kamis, 09 November 2017

Kenalan Sama Tea Mixology

Aku kenal dunia teh ketika menjajaki karir di Savis TEA sebagai Marcomm-nya. Sebelumnya aku memang suka minum teh, lebih karena culture. Besar di Jawa, terutama di Solo bikin minum teh itu adalah hal yang wajib dan mutlak adanya. Pagi-pagi, nge-teh. Makan siang, minum es teh. Hauspun minumnya es teh.
Nah, ketika aku kenal sama SavisTea, aku baru tahu kalau menikmati teh itu nggak sekedar teh anget sama es teh aja. Ada yang namanya Tea Mixology.

Wuaduh, apaan tuh?

Tea Cocktail
ilustrasi dari unsplash.com

Mixology adalah istilah yang digunakan untuk seni membuat minuman cocktail. Kata lainnya yang lebih populer adalah bartending. Sedangkan orang yang melakukan pencampuran ini disebut dengan Mixologist atau Bartender (bedakan dengan barista ya, karena barista itu untuk kopi).

Mixologist ini tugas sederhananya nyampur-nyampur bahan minuman dengan alkohol, soda, sirup dan lain-lain yang menciptakan rasa unik dan baru. Tapi ternyata nggak sederhana lho, coba aja deh kamu nyampur-nyampur soda & sirup. Kalau nggak ngerti soal drink chemistry, pasti rasanya amburadul hahaha.

TEA MIXOLOGY

Ternyata si minuman yang biasa banget ini, yang biasa kita temukan di angkringan atau warung makan, bisa banget naik kelas dengan dibuat sebagai cocktail & mocktail. Namanya adalah Tea Mixology dan ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi seorang bartender/mixologist. Karena, untuk bisa nge-mix teh dalam cocktail maupun mocktain, seorang bartender/mixologist harus tau karakteristik masing-masing jenis teh (yang ternyata jenis rasanya banyak guys, nggak cuma teh item). Kalau ingin tahu lebih lanjut soal Tea & Mixology ini, kalian bisa tonton video Tea Inspired Mixology dari Dilmah Tea, yang juga punya School of Tea Programme.



Maka, aku berkesempatan untuk nyicip Tea Mixology bersama Savis Tea & bartender senior dan cukup terkenal di Indonesia, Mas Andre.

BERALKOHOL YA?

Yup, mixology memang biasanya adalah minuman beralkohol. Kita menyebutnya COCKTAIL. Tapi, ada menu yang tidak pakai alkohol disebut MOCKTAIL dari kata MOCK-COCKTAIL artinya "pura-puranya cocktail".

Ada dua jenis minuman yang dibuat Mas Andre saat itu, di acara SIAL INTERFOOD 2017 : Savis Ginger Mocktail & Savis Bunaken Blue Vodka.




Yang Ginger, rasanya jadi beda, lebih enak dari minum ginger biasa dan lebih edgy gitu ya...hihi. Secara udah di-mix sama sirup dan digarnish juga.

Sayang, aku nggak nyobain yang cocktail karena mengandung vodka. Tapi dari warna tampilannya jadi cantik banget. Karena blue tea-nya dicampur dengan warna merah dari sirup cranberry. Hmmm...

Itulah pengalaman pertama-ku kenalan dengan dunia teh sekaligus dunia mixologist.

Jadi tertarik dan pengen tahu lebih banyak sih soal kreasi-kreasi lainnya yang bisa dibikin dari teh ft. mixology.


2 komentar:

  1. Pengin jajal sensasi rasa ginger deh ...
    Warnanya jadi cakep keunguan kayak gitu.

    Unik ya kak teh bisa bisa diolah jadi cocktail fan mocktail.
    Kesannya jadi waah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp..bagus ya wanna minumannya.jadi mewah gituuu.. Sayang susah ditemukan soalnya minuman kayak gini jarang ditemukan

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter