Sabtu, 24 November 2018

Berkarir Sebagai Social Media Specialist


Tentang Media Sosial? Hmm... Aku sempat bingung mau bahas apa lagi nih kalau ngomongin Media Sosial saking seringnya ngomongin hal ini baik di kantor maupun di seminar yang aku isi.

Ya, pekerjaanku di Digital Advertising dengan specialized sebagai Social Media Strategist bikin aku harus berurusan dengan Media Sosial 24/7. Jadi aku akan share aja deh rasanya kerja pakai media social secara serius sampai tida kenal apa itu libur.




THAT PAUSE WHEN PEOPLE ASK YOU ABOUT YOUR JOB

“Wah lama nggak ketemu, sekarang kerja di mana?”

emm anu….” *long pause sebelum nyebutin posisi*

Sering banget kan kita ketemu kerabat atau teman lama atau siapapun lalu ditanya kerja di mana. Awalnya sih pengen langsung jawab Social Media Strategist atau Social Media Specialist. Tapi…

“Ohhh… Admin Olshop yah.”

Engga gituu om, tante dan sobat-sobat sekalian…. Kalau admin olshop mah, kayaknya nggak sampe deh ngebedah insight dan algoritma segitunya, ngejar momentum kek ngejar ketinggalan pesawat dan lain sebagainya. Tapi kalau dijelasin, waduh mereka makin pusing, jadinya…

“Iyah.” dengan tersenyum maksa.

Tapi itu mungkin 2 tahun yang lalu ya, sekarang orang-orang makin butuh apa yang namanya Digital Marketing. Jadi menjelaskan jenis pekerjaan ini pun sekarang lebih gampang. Namun, tentu saja bagi generasi Baby Boomers jenis pekerjaan ini masih dianggap pekerjaan sepele dan sangat gampang. “Tinggal post-post doang” katanya.


BANYAK HAL YANG HARUS DIPELAJARI

Menulis, desain dan baca statistic rasanya menjadi skill wajib. Kalau teman-teman blogger sudah terbiasa dengan ini, kuyakin akan mudah mempelajari skill untuk menjadi seorang Social Media Strategist. Ditambah nanti pengetahuan soal perancangan komunikasi, psikologi konsumen, tren pasar, marketing, strategi pemasaran, creative writing, fotografi, videografi… Bentar-bentar, kok banyak ya? Yap! Ini salah satu karir yang bikin kita belajar dan belajar terus. Belum lagi kalau kita megang banyak klien dengan berbagai bidang bisnis. Kudu siap belajar bisnisnya klien. Akupun pernah belajar soal otomotif dan mengenal bagian-bagian daleman motor demi menjalani pekerjaan ini. Seru banget!


UP AND DOWN WITH THE ALGORITHM

Kemarin sempet rame ya kalau Instagram punya perubahan algoritma dan berpengaruh ke personal, selebgram maupun pebisnis di Instagram. Bagi teman-teman yang bekerja di ranah media social, hal ini sudah terjadi berkali-kali dengan facebook dan twitter. Emang, perubahan ini bikin data statistiknya terjun bebas dan cukup bikin puyeng untuk cari jalan keluarnya. But we managed it. Tetep aja ada jalan keluarnya.


LIBURAN, TAHUN BARU TAPI KERJA? SUDAH BIASA

Biasanya, kalau sedang ada momentum, liburan atau tahun baru, social media specialist malah dapat tugas tambahan karena saat itulah social media sedang rame. Beberapa tahun terakhir ini aku tidak melewatkan tahun baru dengan keluar dan hura-hura, lihat kembang api misalnya. Tapi online buat post “HAPPY NEW YEAR”. Yeah, that’s a life for me… *cheers*.


JADI DAPAT KESEMPATAN UNTUK SHARE DI DEPAN BANYAK ORANG

Pekerjaanku sebagai Social Media Specialist bikin aku punya kesempatan untuk sharing di mana-mana. Awalnya aku melakukan ini dengan sangat nervous dan ancur. Karena sudah beberapa kali diundang, akhirnya aku memutuskan untuk serius belajar jadi speaker dengan ikutan kelas public speaking di SWARAGAMA training center. Setelah itu, mencoba menyelenggarakan sendiri bersama teman, daaaann, dari situ muncul banyak tawaran. Well it ain’t bad, right?

Teman-teman tertarik untuk berkarir di dunia social media? Simak artikelku tentang macam-macam karir di social media juga ya!

5 komentar:

  1. Ini juga kurang lebih yang jadi jobdesk ku mbak. Apa itu hari libur? I feel you! :)) jadi belajar banyak hal ya wkwkw

    BalasHapus
  2. Serunya jadi Social Media Spesialist. Bisa kerja darimanapun kayaknya. Cuma ya itu ya, gak punya waktu libur. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang segala hal itu ada enaknya ada nggak enaknya :D

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter