Jumat, 29 Juni 2018

Fitur QUESTION di Instagram Story, gimana cara pakainya?

Ribut-ribut netizen cara pakai fitur QUESTION di Instagram Story, sebenarnya gimana sih cara yang bener buat pakainya?



Instagram punya update fitur lagi, setelah IGTV. Kali ini update fiturnya cukup fenomenal dan bikin orang-orang jadi lihatin stories lebih lama, dan lebih nyepam. LOL


AWAL MULA FITUR QUESTION

Ini bukan offical dari instagram, melainkan dari observasi-ku sendiri. Kenapa sih tiba-tiba instagram bikin fitur question yang fenomenal ini?

Kalau menurut observasiku, Instagram itu social media yang cukup memperhatikan kebutuhan usernya. Kita semua tahu lah ya, penggunaan stories nggak hanya dipakai untuk mini-vlog aja, tapi kadang share cerita dan mengajak audience untuk share opini melalui DM. Nah, kadang nih, opini itu berfaedah dan bisa dipakai jadi konten, sehingga user melakukan screenshoot hasil DM-nya dan dibagikan. Ini sering banget dipakai sama Jouska, Catwomanizer, mmhuilet, dan banyak lagi influencer yang pakai hal serupa. Akupun sering pakai metode ini.

salah satu contoh interaksi dari catwomanizer. kak Andrea melakukan sensor untuk username followernya.

Sama, overheardahensi juga gitu. Keliatan kan sensornya?

Kalau Jouska, malah diedit lagi sebelum share ke stories.


Kadang langsung dibagikan dengan memperlihatkan namanya. Sering juga dibagikan secara anonymous alias disensor usernamenya. Dan mungkin, Instagram menilai, screenshoot + sensor username itu ribet sekali. Maka Instagram bikin fitur yang namanya question, biar gampang ketika kita tanya sesuatu, user bisa balas via sticker itu. (THANK YOU INSTAGRAM!)


FITUR QUESTION ITU APA SIH?

Instagram Question Feature, adalah fitur yang ada di dalam instagram stories yang memungkinkan kita melakukan tanya jawab dengan follower, kemudian bisa share jawabannya secara anonim.



Cara pakainya :
1. Buka instagram & buka fitur Stories.
2. Ambil foto, atau buka gambar dari gallery.
3. Slide ke atas dan pilih fitur question.
4. Isi pertanyaannya. SEND.

Nah, baru sekitar dua hari fitur ini muncul, udah bikin netijen jadi dua kubu :
1. Yang pakai question layaknya ask.fm
2. Yang mencoba meluruskan kalau pakai stories nggak kayak pakai ask.fm.

OKE.

SEBENARNYA GIMANA CARA YANG BENER PAKAI FITUR QUESTION INI?


Actually, instagram bikin ini-pun nggak menjelaskan cara pasti "yang bener gimana". Karena kalau dilihat-lihat dari penjelasan fiturnya, doi cuma bilang :

"Your viewers can responds to your sticker"

Responds = itu bisa tanya-bisa jawab. :)

Pun tulisan awal yang muncul adalah tulisan : "Ask me a question" yang artinya "Tolong tanya ke aku sebuah pertanyaan", yang ketika di klik, kita bisa nulis sendiri pertanyaan kita.

SO?

Yeah. Kamu bisa pakai itu seperti kalau pakai ASK.FM atau kamu bisa pakai untuk tanya ke Follower. Dan asik sih, kita jadi bisa berinteraksi dengan follower kita dan dapat topik-topik baru yang bisa diomongin. Lebih mengenal follower juga.

Tapi, kalau aku sih lebih suka dan merasa lebih tepat kalau bikin itu untuk BERTANYA KE FOLLOWER. Why?

Karena kalau mau dipakai kayak ask.FM berarti kamu harus bikin "ask me a question" setiap 24jam di instagram stories karena fitur itu nggak selalu ada di profil instagram kita. Begituuu...


JADI GIMANA CARANYA MEMANFAATKAN FITUR INI BIAR BERFAEDAH?

Again, aku suka banget sama fitur question ini karena berarti senjata baru untuk lebih dekat & lebih bisa berinteraksi dengan followers. Inget ya, berinteraksi dengan followers.

Tergantung dari konten yang akan kamu buat, jadi bikin konten & interaksi se-kreatif mungkin dan yang pasti usahakan positif & bermanfaat.
Mau bikin untuk tanya ke follower, boleh. Atau mau bikin semacam Ask.FM seminggu sekali, untuk chit-chat dengan temen2 dan follower juga boleh :)

Toh, instagramnya juga tetep senang karena fiturnya rame digunakan, asal tidak melanggar policy-nya.

Chill out & selamat bereksplorasi dengan fitur instagram question!


2 komentar:

  1. Selama ini aku belum pake fitur ini dengan serius ih. Main Instagram juga nggak bisa leluasa. Lha gimana, hapenya nda kuat buat lama-lama di IG mbak, lama lama force close. Huhuhuhuhu.. kudu pieee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang mas.. HP nya di-lem biru :D

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter