Rabu, 23 Agustus 2017

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mewarnai Rambut (FAQ)

Mewarnai rambut adalah salah satu praktek kecantikan yang sudah dilakukan sejak lama, ya. Walaupun begitu, aku tetap akan share basic knowledge, FAQ yang sering ditanyakan oleh pemula yang pengen ngewarnain rambut, juga based on my experience.

hal yang perlu diketahui sebelum mewarnai rambut
img source : pexels & flaticon

Kalau ingin tahu di mana aku mewarnai rambut untuk pertama kali, dan bagaimana, cek tulisanku di sini.

Okay here we go!

Q : Kalau rambut diwarnai, rusak nggak sih?

A : Jawabannya pasti, rusak. Apalagi kalau diwarnai dengan proses bleaching. Proses bleaching adalah penggunaan bahan kimia ke rambut yang tujuannya merusak pigmentasi rambut kita biar luntur warnanya. Alhasil, rambutnya jadi tipis dan kering. Jadi saranku, persiapkan kondisi rambutmu dulu sebelum memulai proses mewarnai dan bleaching. Kalau bisa, jangan melakukan proses bleaching atau pewarnaan dalam waktu yang berdekatan dengan proses kimia rambut lainnya (misalnya smoothing). 


Q : Terus gimana caranya mewarnai rambut dong kalau bikin rusak gitu? Apa masih boleh diwarnai?

A : Soal boleh atau tidaknya, jawabanku sih do with your own risk. Kalau ingin mewarnai, pasti ada dong konsekuensi yang harus ditanggung. Rambut rusak pasti, jadi kita harus rajin-rajin melakukan perawatan agar rambut kita tetap sehat. Untuk rambut diwarnai, emang perlu effort lebih untuk merawatnya, yang paling minimal adalah kamu wajib menggunakan conditioner serta harus hairmask setiap satu minggu sekali. Tambah kece lagi kalau rajin menggunakan serum rambut dan perawatan rambut lainnya. Hindari juga sering-sering menggunakan hair dryer karena bikin rambut bleaching-mu makin kering.

Q : Baiknya mewarnai sendiri atau di salon?

A : Sebenarnya itu semua tergantung kamu, sih. Tapi, jika tidak bisa melakukan sendiri dan pengen hasilnya rapi, pastilah lebih baik ke salon saja. Apalagi kalau mau hasil bleachingnya merata dan tidak miring. Bleaching itu long-last, kecuali kamu potong atau diwarnai hitam kembali. Jadi, saranku sih tetap melakukan bleaching ke salon. Sedikit mahal, tapi hasilnya rapi. Selanjutnya kalau recolor mau dikerjain sendiri, ga masalah karena sudah tinggal ngikutin warna bleachnya.

Q : Recolor? Apa tuh?

A : Recolor itu maksudnya mewarnai kembali. Perlu diingat bahwa warna fashion (yang terang) itu cepet.banget.luntur. Apalagi kalau sering-sering keramas. Paling engga 2 minggu deh warnanya kece, habis itu akan memudar. Apalagi warna-warna ngehits kayak abu-abu, biru, hijau, pink. Semakin terang warnanya, akan semakin cepat pudar. So, jika ingin warnanya tetap vibrant, kamu kudu rajin-rajin untuk melakukan pewarnaan kembali.

Q : Jadi gimana dong caranya biar warna rambut tetap awet?

A : Salah satu cara menjaga keawetan adalah dengan jarang-jarang keramas. Lepek dong? Iya memang, tapi kamu bisa gunakan dry shampoo biar rambut tidak lepek dan minyak kepala hilang, tapi tidak aku sarankan sering-sering. Kalau saranku yang lain adalah, gunakan shampoo khusus rambut diwarnai, karena ada formula untuk mengikat warna rambut agar tahan lama. Aku pribadi keramas biasanya seminggu 2 kali, atau setiap 2-3 hari sekali.

Q : Kalau nggak suka warnanya, mau recolor lagi butuh berapa lama?

A : Sebaiknya tunggu paling tidak 2 minggu sembari merawat rambutnya setelah terkena proses kimia. Hindari menumpuk dengan warna gelap/hitam karena kalau nanti di bleach lagi, warnanya akan susah pudar dan malah jadi tidak rata. Kalau aku, nunggu warnanya turun, nanti digunting aja, selesai, tapi ya kudu sabar sih :D

---

Nah itulah sedikit tentang hal-hal yang seringkali ditanyakan soal mengecat rambut. Poin kesimpulannya adalah :
1. Sebelum mulai mewarnai, rawat rambutmu dengan rajin hairmask dan vitamin biar rambutnya kuat.
2. Jika ingin cat di salon, carilah referensi salon yang bagus dengan harga yang pas di kantongmu. Kalau fail ngecatnya, lumayan juga ngerusak penampilan :(
3. Cari referensi warna dan style pewarnaan, tunjukkan ke kapster salon sebelum memulai untuk menghindari salah paham. Dengan referensi, kapster lebih mudah memahami kemauanmu.
4. Setelah proses pewarnaan, yang penting adalah proses sesudahnya yaitu : perawatan! Sebaiknya kamu sudah menyiapkan produk-produk perawatannya seusai pulang dari salon.
5. Rajin-rajin cari info tentang cat yang bagus dan perawatan yang bagus untuk rambutmu. Jika sudah menemukan, nggak ada salahnya stick with that. 

Intinya, jika kamu berniat mengecat rambut, berarti kamu harus siap untuk melakukan perawatan ekstra (dan budget ekstra) agar rambutmu tetap sehat dan indah.


Semoga sharing kali ini bermanfaat ya!

Tambahan : Inspirasi Coloring Ombre & Ombre dalam/Peek A Boo Hair
(biar makin pengen ngewarnain rambut :p)




2 komentar:

  1. Ombreeee :(
    mau banget di kayak begituin. Tapi rmabut ini kapan panjangnya laaah.
    Wkwkwkwkw. Hmm~~ gue dari SMA udh semir sih. Bukan karena apa.
    Apa ya......suka aja eksperimen sama diri sendiri. Lagian gue pake jilbab, jadi kalo dibilang mau gegayaan....yaelah gue gegayaan ke siapa sih, gak untuk pamer ke orang, tapi kesenangan pribadi aja xD
    /lah malah curhat xDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuii, malah dari SMA. Aku baru2 ini berani nyemir. XD
      Beberapa temen yg berhijab pengen nyemir tapi malah ngerasa sayang mau pamer ke siapa XD
      Makasih udah mampir mbak :)

      Hapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter