Minggu, 03 November 2013

Volvo つ ◕_◕ ༽つ Give DIRETIDE : Aksi demo fans dota2 untuk Valve

Kalau kalian lihat sekarang ini di foto halloween Barrack Obama dan official facebook perusahaan mobil VOLVO, kalian akan melihat banyak sekali komen seperti ini : "つ ◕_◕ ༽つ Give DIRETIDE"



Diretide? Apa tuh?
Bagi kamu yang bukan gamer, atau ngga nge game DOTA, especially DOTA 2, mungkin kalian ngga ngerti deh apa arti Diretide ini, dan kalian akan kebingungan apa yang sedang terjadi di Internet saat ini.



Oke penjelasannya dulu deh, Diretide adalah seasonal halloween event yang di buat VALVE, sebuah perusahaan game yang menjadi official publishernya DOTA 2. Event ini berisi 3 stage yang masing-masing stage memiliki waktu hanya 10 menit. Stage-stage itu antara lain :

  • Candy Chaos : 2 tim berkompetisi untuk mengumpulkan permen dari Roshlings, mereka bisa merampok permen lawan. Nantinya tim yang mempunyai permen terbanyak akan menjadi pemenang.
  • The Trickster Awakens : Mengumpulkan permen tidak bisa dibilang mudah, selain karena diserang oleh hero-hero lawan, ada Roshan yang akan terbangun di game ini dan menyerang Hero secara random untuk mendapatkan permen mereka.
  • Sugar Rush : Pada stage ketiga, Roshan akan kekenyangan karena permen dan kalian akan tidak punya permen lagi, sehingga kalian harus bersatu dengan tim lawan untuk menyerang Roshan dan mendapatkan permennya lagi.

Event ini dimulai pada tanggal 30 Oktober (tahun lalu) dan mereka mengatakan bahwa event ini adalah annual event, yang artinya akan diadakan setiap tahun.

Karena event tahun lalu dirasakan sangat seru sekali oleh Dota2Community, maka tahun ini mereka menginginkan event ini lagi. Setelah menunggu sampai tanggal 31 Oktober 2013, tidak ada tanda-tanda event ini akan segera dimulai dan mereka pun melakukan protes secara besar-besaran.

Gimana ngga besar-besaran, para anggota Dota2Community membanjiri Metacritic dengan rating dan review yang buruk untuk Dota2. Selain itu mereka juga membanjiri forum forum dan Facebook page Valve dengan kata-kata   "つ ◕_◕ ༽つ Give DIRETIDE"
Alhasil, rating Dota2 pun jadi drop ke angka 4 saja!


Bukan hanya Valve saja sebagai developer game Dota2 yang bertanggung jawab atas insiden ini, bahkan, facebook fanspage perusahaan mobil, Volvo pun juga  mendapat protes dan komplain  "つ ◕_◕ ༽つ Give DIRETIDE" dari fans Dota2.



Hal ini sangat lucu mengingat Volvo tidak mempunyai andil dan hubungan sama sekali dengan game dota2, namun, kata Valve diplesetkan menjadi Volvo oleh fans-fansnya karena mereka menilai Valve kurang memperhatikan mereka. Saya sendiri masih bingung kenapa Valve bisa berubah menjadi Volvo, tapi menurut pacar saya yang merupakan gamer Dota2, memang biasanya Dota diplesetkan menjadi DOTO dan Valve menjadi VOLVO bila mereka bertindak suatu hal yang kurang menyenangkan community. Para fans akan memprotes Valve dengan komentar "Volvo plx fiks ded gaem" kata-kata sarkasm seperti yang dilontarkan oleh seorang "noobs" gamer.

Yang membuat hal ini tambah "amusing" dan sangat2 konyol adalah, VOLVO membalas komen para fans dan me-mention Valve agar bertanggung jawab.




Namun sampai berita ini diturunkan (ngikut bahasa jurnalistik, LOL), Valve belum me-release Diretide nya, dan sejauh komentar dari fans yang saya baca, mereka tidak akan menghentikan aksi ini sebelum Valve mengadakan Diretide.
Demo yang unik dan menarik daripada demo buruh dan mahasiswa tentang UMR yang sedang booming akhir-akhir ini.

Nah, dilihat dari kasus ini, saya jadi teringat tentang perkuliahan saya tentang Branding : Brand Should Always Deliver Promises! Sebuah Brand haruslah selalu memenuhi janjinya serta menjaga hubungan baik dengan customer. Jika tidak, tentunya kepercayaan customer terhadap brand akan hilang. Di insiden Diretide ini, terlihat bahwa Valve memiliki Lack of Communication dengan fans Dota2 yang merupakan customer mereka. Walaupun hal ini lucu dan menarik, namun dalam Branding, hal ini tentulah berbahaya, karena akan meruntuhkan kepercayaan konsumen terhadap Brand.

Above of all, saya yakin Valve akan tetap bertahan, dan saya harap valve memenuhi janjinya dengan membuat event Diretide walaupun terlambat. Saya pun juga sangat salut dengan fans DOTA2 karena begitu kompak, dan kreatif! dalam melakukan aksi protes ke Valve.

Dan apakah hal ini juga akan berdampak buruk pada Brand Volvo? Saya rasa tidak, karena berkat insiden Diretide ini, orang-orang banyak yang membuka fanspage Volvo, brand nya pun sering dibicarakan dan di mention di Internet, serta adanya komen positif dari fans Dota2 atas feedback Volvo mengenai Diretide. Seperti pada komen yang telah saya beri tanda merah, walaupun mungkin hanya bercanda, namun bisa saja fans Dota2 itu benar-benar akan menjadikan Volvo sebagai pilihan utamanya saat akan membeli mobil nantinya.

Gimana? Mau ikutan demo ke Valve dengan spam dan flood  "つ ◕_◕ ༽つ Give DIRETIDE" juga?
source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter