Jumat, 01 November 2013

Sumpah Pemuda Yang Gak Hanya Deklarasi dan Orasi


Sekitar awal bulan september, saat pertama kali masuk mata kuliah "Marketing Event" semester 5, dosen kami membeberkan beberapa tugas dan ujian kami selama satu semester kedepan. Nah, salah satunya adalah membuat event untuk hari sumpah pemuda. Plus, sang dosen ngasi liat kegiatan kakak tingkat di event hari sumpah pemuda tahun lalu yang kegiatannya Deklarasi sumpah pemuda terus jalan-jalan di CFD.

Saat itu juga aku beropini di dalem kepala, "Lah, cuma deklarasi doang?" dan dalam hati berjanji gak bakal ngulangin deklarasi lagi buat tugas event Sumpah Pemuda, karena selain keliatan "ngikut", aku pribadi gak setuju sama yang namanya orasi, demo, deklarasi (yang kalo mahasiswa BEM gitu nyebutnya aksi, tapi omong doang, hihihi). Lebih baik melakukan sesuatu, yang kita itu beneran beraksi, bukan sekedar aksi, dan yang terpenting, hal itu berguna.

Dan karena banyak hal yang harus dilakuin, event tersebut ngga dikerjain sama aku dan anak-anak sampai H-6
Dasar kelakuan anak advertising, hahahaha, kalo ngga dikejer deadline ngga dikerjain :p

Salah satu faktor ngga dikerjain karena mereka semua nunggu aku sebagai Bu Ketua Kelas, buat ngumpulin mereka, padahal sebelumnya aku udah berpesan, tolong yang megang nih event jangan aku, karena kemungkinan besar ngga bakal aku kerjain. Tugas2 kuliah ditambah tugas sebagai ketua kelas yang menghubungi dosen kesana kemari, ditambah tugas sebagai seorang pacar yang baik (kebetulan si pacar sakit seminggu, jadi ngurusin pacar juga :3 ) Maka tugas itu dengan sukses saya abaikan, tepuk tangaaaannn!!!

Dan karena kelas A belum memutuskan akan melakukan apa, sedangkan kelas B sudah memutuskan untuk mengadakan pesta kostum profesi, maka kelas A diajak ikut serta, yang mendatangkan deklarasi ketidaksetujuan dari teman-teman, dan dari aku juga sih...
Oke KITA harus nyari ide SECEPATNYA

Di hectic-hecticnya panik dan pusing nyari ide, munculah ide brilian dari @tatitya yaitu.... emm, intinya kampanye buang sampah lah, silahkan baca detailnya di blog yang bersangkutan, ntar tulis komen ye disana, biar rame, jangan lupa mensyen nama saya juga wkwkwkwk (promosi blog temen+diri sendiri)

Karena ide dari tya belum terlampau matang dan juga untuk keperluan press release ide ini ke teman-teman, maka MALAM ITU JUGA, Tya dan aku nongkrong makan makan brainstroming di Jackstar untuk mematangkan event ini lagi. Dan itu sampe malem!! (heboh banget karena aku gak biasa pulang malam). Sampai rumah, aku nyusun ide itu sambil tercetus ide Judul event : "Sumpah Pemuda Bukan Sampah Pemuda" yang langsung di "like" sama tatitya.

Esoknya, hasil dari nongkrong rapat di jackstar itu aku print dan bagikan ke teman-teman, dan kita langsung bikin rapat kilat!!! bikin panitia kilat!!! dan bikin perencanaan produksi kilat!!!!
Ciatt ciattttt ciattttttttttttt!!!
Biar foto yang berbicara



Kami merencanakan event ini diadakan pada Minggu 27 Okt 2013 di CFD (sesuai mandat bapak Dosen), di car free day, kami akan berkeliling menjadi volunteer sampah yang akan mengajak masyarakat yang ada di CFD untuk membuang sampah pada tempatnya, dalam event ini, pada tempat yang kami sediakan, lalu kami beri reward dehhhhhh. Lalu mulailah dibagi tugas panitia event.

Rabu malamnya kami berkumpul di Retro7 Cafe daerah manahan Solo untuk membantu Tim Artwork Event (Tatitya dan Kak Agus Cinta) mendesain logo. Kamis siang, logo itu dipresentasikan di depan teman-teman sekelas, untuk disetujui. Tadinya ada 3 logo yang ditawarkan Tim Artwork, tapi dipilihlah logo dibawah ini karena sangat keren dan sangat pas dengan event.


Dan ini desain Flyer yang kami bagikan secara ONLINE :)


Tidak hanya logo itu saja persiapan kami, tetapi juga instrument instrument event lainnya yang mendukung, kami memutuskan untuk membuat seragam berupa Kaos dengan logo itu. Dan kerennya lagiiiiii, itu kaos diproduksi sendiri oleh anak-anak Adver yang secara pada pinter nyablon boooookkkk~



Bahkan Trashbag untuk event juga kami beri print dari Pylox. Istilahnya dipilokin, hahaha... Ngerjain pilok trashbag ini dari jam 3 sore sampe jam 9 malem dan kami mengambil venue ngerjainnya di Kampus pada hari Sabtu dimana kampus sangat sepi sehingga terasa Creepy... XD


Kami juga melengkapi event dengan sticker sebagai reward, berjumlah 1000 lembar. Buanyak buanget!!!!



Dan saat hari H, bagaimana eventnya? Lancarkah?
Aku ngga akan cerita tentang detail eventnya disini, karena aku udah nulis Tentang Event ini Di BLOG ADVERTISING UNS, jadi baca disana aja yaaa

Eventnya berjalan lancar, walaupun ada kendala, tapi masa sih ngga ada kendala? Event ini direncanakan H-6 namun bisa berjalan dengan sangat baik berkat kerja keras dan kerja sama teman-teman Advertising A UNS. Dan satu hal yang menurutku paling berharga dari event ini adalah, akhirnya kami bisa membaur dan bekerja sama menjadi satu kelas yang sangat kompak, yang jarang terjadi. Walaupun capek, bad mood, sebel dan hectic, tapi kami tetep terus berjuang sampai akhir bersama-sama. Bahkan sempat saat hecticnya mengerjakan event, teman-teman kami banyak yang telat masuk kuliah Perencanaan Media Iklan, dan alhasil dihukum nyanyi satu persatu di depan kelas. What a show banget bagi kami.

Sekali lagi, thanks a lot buat anak Advertising A 2011, kalian KEREN!!! Kontribusi kalian  KERENNN!!! Kerja kalian, KEREN BANGET!! I proud of you guys, hoping tomorrow we could work like this again, ^_^




3 komentar:

  1. Ada rencana lagi untuk tahun ini kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari aku ngga ada kayaknya. Cuma kalau ada komunitas yang mau nerusin project ini, boleh aja. :)

      Hapus
  2. Aku boleh nyetak kaos dgn desain tadi?

    BalasHapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →



Newsletter